Sukses

Sariawan karena Gigi Bolong ?

19 Feb 2015, 10:31 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok.kan saya ad gigi graham yg bolong, aq biasa mandi jam 5 pagi, nah klo mandi lewat jam jan 5 pasti di gusi gigi yg bolong itu sariawan, itu rasanya sakit,gatel,panas sampe ke gigi,.. Itu solusinya gmna dok , buat makan ajh susah

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Sebelumnya Saya ingin menjelaskan bahwa tidak ada kaitannya antara munculnya sariawan dengan gigi yang berlubang, maka kesimpulan yang Saya ambil adalah luka tersebut bisa saja bukan sariawan atau memang sariawan yang kemunculannya tidak terkait dengan gigi berlubang Anda. 

Gigi yang berlubang tidak boleh dibiarkan tanpa dirawat dengan bantuan dokter gigi, bila lubangnya masih belum mencapai kamar saraf gigi maka gigi dapat langsung ditambal tanpa dilakukan perawatan saluran akar sebelumnya. Namun jika kondisi lubang pada gigi telah mengalami banyak kerusakan yang tidak memungkinkan dilakukan penambalan atau perawatan lainnya guna mempertahankan gigi dalam rongga mulut, maka gigi tersebut harus dicabut.

Sariawan merupakan suatu kondisi yang dapat berulang dimana penyebabnya belum dapat dipastikan namun bisa dikaitkan dengan beberapa kondisi seperti stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik atau kekurangan nutrisi. Sebaiknya Anda periksakan keadaan Anda ke dokter gigi sehingga dapat juga dilakukan perawatan yang diperlukan.

Demikian informasi yang dapat Saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar