Sukses

Penanganan Kista Ganglion

20 Feb 2015, 11:40 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, beberapa hari lalu saya pergi k dokter spesialis ortopedi karena d pergelangan saya ada benjolan, setelah dperiksa ternyata diagnosany yaitu penyakit ganglion Dok, apa siih maksudny penyakit ganglion itu?? Apa hanya dengan operasi saja jln terakhirny??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kista ganglion adalah benjolan yang sering muncul disekitar sendi dan tendon pada tangan dan kaki. Ukurannya dapat bervariasi. Paling sering muncul pada pergelangan tangan (80%) dan sendi jari. Biasanya muncul pada usia 20-60 tahun dan wanita lebih banyak (3 kali lipat) mengalaminya daripada pria.

Penyebab timbulnya kista ganglion belum diketahui secara pasti. Dipercaya disebabkan oleh penggunaan sendi secara berlebihan seperti atlet angkat berat, pramusaji, dan pemain musik (terutama pemain bass). Kista yang terbentuk mengandung cairan yang sama seperti cairan sendi. Kista ganglion bukan merupakan kantung sinovial (sendi) yang keluar dari kapsul sendi.

Pada umumnya kista ganglion tidak menimbulkan keluhan apa-apa. Tidak terdapat rasa nyeri maupun gangguan pergerakan. Keluhan yang ada lebih kearah kosmetik. Namun, bila sudah memberat dapat pula menimbulkan keluhan nyeri, kesemutan di pergelangan tangan.

Pada kebanyakan kasus, kista akan menghilang dengan sendirinya seiring dengan waktu. Jadi pada kista berukuran kecil yang tidak menimbulkan gejala apa-apa, tidak perlu dilakukan tindakan apapun.

Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan kista tersebut. Pertama dengan operasi bedah dengan menyayat langsung kulit diatasnya lalu mengeluarkan kista tersebut. Angka kekambuhan kista dengan teknik ini adalah sekitar 5-10%. Angka ini dapat dikurangi jika kita tidak menggerakkan (imobilisasi) sendi tempat kista tersebut berada selama 1-2 minggu. Cara yang kedua adalah dengan dilakukan aspirasi (penyedotan). Namun cara ini mempunyai angka kekambuhan sebesar 50%.  Teknik yang berkembang saat ini adalah teknik yang dinamakan arthroskopi, yaitu dengan memasukkan “teropong” kecil pada sendi untuk melihat keseluruhan kista lalu kemudian mengangkatnya. Setelah dilakukan teknik ini, tidak diperlukan imobilisasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar