Sukses

Mencegah Gatal Pada Kulit

09 Oct 2015, 10:29 WIB
Pria, 12 tahun.

Selamat Malam Dokter Kenapa jika kaki yang gatal terus digaruk kenapa menjadi korengan?,tolong tipsnya agar tidak mudah terlalu gatal

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Korengan, atau dalam bahasa medisnya adalah krusta, merupakan jaringan penyembuhan yang terjadi apabila terdapat luka pada kulit. Hal ini merupakan bentuk reaksi atau respon tubuh pada fase penyembuhan luka. Bila anda tidak menginginkan terjadinya korengan, maka anda perlu mencegah kebiasaan menggaruk secara kasar hingga terjadi luka. Apabila ada rasa gatal sebaiknya cukup digosok secara lembut dengan telapak tangan atau diberi bedak.

Untuk mencegah rasa gatal yang timbul pada kulit, perlu terlebih dahulu dikenali penyebabnya, apakah karena alergi atau reaksi infeksi. Apabila karena alergi, anda perlu mengenali dan mencegah faktor pencetus agar tidak terjadi reaksi alergi. Apabila reaksi alergi telah terjadi, yang dapat anda lakukan adalah mengkonsumsi obat antialergi.

Apabila penyebabnya adalah infeksi, maka perlu dikenali penyebab infeksinya apakah virus, bakteri, jamur atau parasit. Pengobatan akan disesuaikan dengan faktor penyebab tersebut.

Apabila keluhan tersebut berlangsung lama tau terjadi berulang-ulang hingga menggangu aktivitas, kami sarankan anda memeriksakan diri langsung kepada dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang optimal sesuai penyebab keluhan Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar