Sukses

Pemberian Obat

20 Feb 2015, 11:34 WIB
Pria, 55 tahun.

Sdr sy sering sesak napas klo beraktivitas. Dari gejala klinis, sy curiga dia PPOK, dulu perokok. Tapi blm pernah didiagnosa dokter sblmnya & blm dilakukan spirometri apa sy blh menganjurkan sdr sy pake inhaler (antikolinergonik ato beta agonis) utk digunakan sehari2? Sdr sy jg ada penyakit jantung, tiroid, & wasir

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebaiknya sebelum memberikan suatu obat akanlah lebih bijak bila Anda membawa saudara Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter terlebih dahulu agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti rontgen dada, spirometri. Penggunaan obat-obatan beta2 agonis tidak dianjurkan pada pasien dengan kelainan jantung karena obat tersebut dapat memicu jantung untuk berdetak lebih cepat, memicu serangan jantung pada penderita sakit jantung. Sehingga pemberian obat tersebut harus berada dibawah pengawasan dokter dan bila harus diberikan pada penderita sakit jantung maka harus dengan menimbang risk dan benefit yang ada secara matang.

Kami sarankan Anda membawa saudara Anda untuk berkonsultasidan dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis oaru.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar