Sukses

Kembalinya Kesuburan Setelah Berhenti KB

09 Oct 2015, 11:15 WIB
Wanita, 32 tahun.

Malam dokter Saya ibu rumah tangga dengan 2 anak perempuan, Dan skrng Ini kami berencana ingin menambah seorang anak lagi Dan berharap anak ke 3 kami nanti adalah laki-laki :D Setelah anak ke 2 kami lahir, saya mencoba semua alat kontrasepsi sampai akhir nya saya bertahan pada PIL KB (Diane 35) selama 3 thn. Di bulan desember 2014, saya sudah tidak mengkonsumsi PIL KB nya lagi. Yang jadi pertanyaan saya bu, apa kah benar bila kita mengkonsumsi PIL KB akan lama utk mendapatkan momongan lagi bu ? Bagaimana cara nya biar saya bisa cepat mendapatkan momongan lagi bu, Dan berjenis Kelamin laki-laki :D Maaf Dan terima kasih sebelum nya Stella, bali

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pengembalian kesuburan, dalam hal ini kembalinya menstruasi setelah penghentian konsumsi pil kontrasepsi ini bervariasi untuk setiap wanita. Umumnya dapat terjadi dalam waktu 3-12 bulan.

 

Jika, kesuburan sudah kembali, kemungkinan hamil pun menjadi besar. Dalam mempersiapkan kehamilan seorang perempuan perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Menilai kejadian dan waktu terjadinya ovulasi
  2. Memprediksikan hari-hari subur yang maksimum
  3. Mengoptimalkan waktu untuk melakukan hubungan intim untuk mendapatkan kehamilan

Selain itu, beberapa hal yang juga perlu Ibu lakukan adalah:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol.

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas.

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

  • Lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar