Sukses

Mata Minus, Harus Selalu Pakai Kacamata?

09 Oct 2015, 12:43 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dear dokter.. sy ingin menanyakan, saat sy menyetrika baju bergaris sy merasa pusing.. apakah mata sy kelainan ato ada indikasi penyakit lain?? Sy pernah cek mata d optik hasilny mata kanan minus 0.75 dan kiri 0.50, namun sy tidak memakai kacamata karena masih agak jelas melihat yg jarak jauh.. bagaimana sebaiknya dok?? Apakah sy harus memakai kacamata ato tidak?? mohon jawabannya.. terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Apabila benar anda mengalami penurunan tajam penglihatan (visus), maka memang sebaiknya menggunakan alat bantu untuk mempertajam visus menggunakan kacamata atau softlens. Kacamata dan lensa kontak ini perlu dipakai dengan rutin agar tidak mengganggu penglihatan dan juga tidak membuat mata menjadi malas dalam melihat sehingga ketajaman dalam penglihatan menjadi berkurang. 

Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A.

Kapan terakhir kali anda melakukan pemeriksaan tajam penglihatan? Bila sudah lewat 1 tahun, ada baiknya anda kembali mengulang pemeriksaan tersebut. Mungkin saja sudah terjadi perubahan visus (minus bertambah, atau disertai silinder) yang membuat keluhan penglihatan pada mata Anda saat ini.

Untuk itu kami saranan Anda melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis mata terdekat untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar