Sukses

Cara Menghindari Tertular Herpes

20 Feb 2015, 10:10 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok istri saya menderita herpes simplek 1 bagaimana cara saya dan istri mengetahui virus herpesnya sedang aktif atau tidak, Apakah mengenali virus aktif hanya melalui luka kulit saja, apa bagaimana dengan cara lain, saya khawatir saya dan istri tidak dapat mengetahui virus istri aktif atau tidak Apa ada pantangan untuk makanan dan minuman yg dikonsumsi ?apa ada kemungkinan anak saya juga terkena virus Dan perlukah multivitamin untuk meminimalisasir virus tersebut bahkan membunuhnya ? Dan yang terakhir Bagaimana cara istri saya dan saya melakukan hubungan intim agar saya tidak tertular atau meminimalkan saya tertular penyakit istri, walaupun istri saya tidak menderita simplex 2 apakah bisa menular lewat lendir mis v istri saya? Apakah saya bisa berciuman dengan istri saya saat luka dibibirnya (simplek 1) sudah tidak ada? apakah saya sudah tidak boleh mencium pasangan saya ?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Pada umumnya virus herpes simpeks yang aktif akan menimbulkan gejala kulit. Untuk memastikan apakah terdapat virus aktif atau tidak dapat dilakukan dengan pemeriksaan IgM Anti HSV1/2. Secara umum tidak ada makanan atau minuman yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi namun sebaiknya istri Anda menjaga pola makan dan hidup Anda secara sehat agar virus tidak aktif kembali. Multivitamin boleh saja dikonsumsi. 

Penularan virus herpes dapat terjadi melalui transmisi plasenta saat kehamilan, sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda ke dokter. Apabila Anda ingin berhubungan intim atau melakukan aktivitas seksual lainnya dengan pasangan, dipastikan tidak dalam keadaan sakit, tidak ada kelainan kulit dan dapat dipastikan dengan IgM anti HSV 1/2 negatif untuk menghindari penularan. Pada umumnya tidak terjadi penularan apabila virus dalam keadaan tidak aktif.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar