Sukses

Apakah Gejala Hipoglikemi?
18 Feb 2015, 19:22 WIB
Wanita, 32 tahun.

Apa ciri ciri pasien yang gula darah nya rendah,,,

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Kapan pertama kali Anda mengetahui bahwa kadar gula darah Anda rendah? Berapa kadar gula terakhir Anda saat diperiksa? Apakah Anda menderita diabetes melitus (penyakit gula darah)?

Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai hipoglikemia. Hipoglikemia adalah suatu keadaan di mana kadar gula dalam darah rendah, atau turun secara drastis. Hipoglikemia dikenal dengan trias Whipple yaitu:

(1) gejala sesuai dengan hipoglikemia

(2) kadar glukosa darah rendah 

(3) gejala menghilang jika kadar glukosa darah meningkat. 

Hipoglikemia spontan pada orang dewasa dibedakan atas dua tipe, yaitu 1) hipoglikemia puasa dan 2) hipoglikemia pasca-sarapan (postprandial). Gejala pada umumnya muncul pada kadar glukosa darah sekitar 60 mg/dL, dan gangguan fungsi otak terjadi pada kadar 50 mg/dL.

Hipoglikemia Puasa
Hipoglikemia puasa biasanya timbul menyertai penyakit endokrin tertentu, seperti hipopituitarisme, penyakit Addison, atau mixedema; terkait dengan malfungsi hepar, seperti alkoholisme akut dan gagal hati; pada orang dengan penyakit ginjal, terutama pada pasien yang memerlukan dialisis. 

Hipoglikemia Reaktif (Pasca-sarapan)
Hipoglikemia reaktif dapat dibagi menjadi awal (2-3 jam sesudah makan) dan lambat (35 jam pasca-sarapan).  Tanda dan gejala hipoglikemia reaktif meliputi lapar yang sangat, lemah, tubuh bergetar, sakit kepala ringan, cemas dan bingung. 

Hipoglikemia Terkait Alkohol
Hipoglikemia imunopatologik. Sangat jarang terjadi. Pasien biasanya menunjukkan resistensi insulin yang parah, diabetes dan acanthosis nigricans (suatu kondisi di mana kulit menjadi gelap, tebal, dan seperti beludru pada bagian tubuh yang berkerut dan melipat seperti ketiak, selangkangan, dan leher) 
Hipoglikemia faktisia. Kejadian ini akibat kesalahan diri, obat sulfonilurea atau insulin yang berlebihan atau dosis tetap tetapi tidak makan seperti biasanya.

Hipoglikemia akibat Obat Hipoglikemik Oral (OHO). obat penurun kadar glukosa pada darah yang diresepkan oleh dokter khusus bagi diabetes.

Berikut sedikit tips yang dapat Anda lakukan saat ini:

1. Makanlah dengan porsi sedikit namun lebih sering. Usahakan jarak antara waktu makan tidak lebih dari 3 jam.
2. Diet seimbang. Batasi protein hewani dan perbanyak makanan tinggi serat termasuk biji-bijian, buah dan sayuran.
3. Hindari konsumsi alkohol, minuman ringan dan bersoda.
4. Olahraga secara rutin

Kita tetap membutuhkan gula untuk metabolisme tubuh, gula juga mempengaruhi fungsi otak. Kami sarankan agar Anda tidak membatasi gula sama sekali. Kita memang tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi gula, namun bukan berarti tidak boleh makan gula sama sekali. Hal tersebut merupakan persepsi yang salah.

Silakan buka tautan berikut untuk mengetahui lebih jelas mengenai Hipoglikemia dan Pencegahannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar