Sukses

Perubahan Haid Setelah Konsumsi Pil KB

11 Jun 2015, 22:52 WIB
Wanita, 24 tahun.

Halo dokter saya mau tanya, Saya baru pertama kali konsumsi pil kb yasmin untuk menunda haid, saya sudah konsumsi selama 2 minggu dari hari pertama saya haid, tapi kenapa haid saya jadi lebih panjang dan belum berhenti sampai sekarang?Sebelumnya siklus haid saya selalu normal. Tapi saya bingung apa ini haid atau bukan karna darah nya agak berbeda, *maaf warnanya merah segar terkadang lebih muda, baunya seperti bau darah segar tapi strukturnya kental sama seperti darah haid, kira-kira itu haid atau bukan ya dok? Apa itu pendarahan efek samping dari pil atau saya ga cocok dengan pil nya? kalau saya berhenti konsumsi, waktu haid saya akan berubah kah dok?seperti yang saya tau setelah berhenti minum beberapa hari maka akan timbul haid, untuk bulan selamjutnya siklus saya akan bagaimana ya dok? Terima kasih dokter :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Perubahan pola haid memang merupakan salah satu efek samping dari pil KB, meskipun biasanya lebih sering pada penggunaan KB suntik. Efek samping lain yang juga dapat ditemukan, antara lain:

  • Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi

  • Rasa nyeri payudara

  • Sakit kepala

  • Mual

  • Rasa kembung

  • Peningkatan berat badan (jadi harus meningkatkan aktivitas fisik)

Pemilihan metode KB memang sangat individual, karena efek samping yang terjadi dapat berbeda-beda pda masing-masing wanita. Untuk itu, Anda dapat terus mengkonsultasikan hal ini dengan dokter kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan metode KB yang paling sesuai untuk Anda agar menstruasi Anda teratur kembali. Kami sertakan artikel Kontrasepsi untuk informasi lengkap Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar