Sukses

Senam Kegel Untuk Pria

18 Feb 2015, 19:40 WIB
Pria, 25 tahun.

dok saya masih belum paham betul tentang cara senam kegel untuk pria yang benar apakah ada contoh atau video cara senam kegelnya. untuk menemukan otot yang tepat letaknya juga belum tahu.dan tentang bagian sempurnakan teknik anda saya masih kurang paham dengan penjelasannya.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

 

Banyak faktor yang dapat melemahkan otot dasar panggul, misalnya: prostatektomi radikal (operasi pengambilan prostat), diabetes mellitus dan gangguan pada kandung kemih.

Kelak Anda akan merasakan manfaat senam kegel jika Anda pernah mengalami masalah berikut ini:

  • Memiliki inkontinensia urin atau fekal (tidak mampu menahan BAK atau BAB)
  • Kebocoran urin (adanya urin yang menetes setelah BAK)

Bagaimana melakukan senam kegel

  • Temukan otot yang tepat
    Untuk mengidentifikasi otot dasar panggul, cobalah menghentikan urin saat BAK atau kencangkan otot-otot yang mencegah Anda untuk buang gas. Jika Anda mengencangkan otot-otot dasar panggul saat melihat cermin, dasar penis Anda akan naik mendekati perut dan testis Anda juga akan naik.
  • Sempurnakan teknik Anda
    Saat Anda sudah berhasil mengidentifikasikan otot-otot dasar panggul Anda, kosongkan kandung kemih dan berbaringlah dengan kaki ditekuk dan posisi mengangkang. Kencangkan otot-otot dasar panggul Anda, tahan kontraksi selama 3 detik dan relaksasi selama 3 detik. Ulangi beberapa kali. Ketika otot-otot Anda sudah semakin kuat, lakukan senam kegel ini sewaktu duduk, berdiri atau berjalan.
  • Fokus
    Untuk hasil yang maksimal, fokuskan untuk mengencangkan hanya otot-otot dasar panggul Anda. Hindari menhan nafas dan bernafaslah seperti biasa.
  • Ulangi 3x sehari
    Ulangi hingga 3 set dengan 10 kali pengulangan sehari.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan senam kegel? Berikut penjelasannya:

 

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Senam Kegel?

Jadikan aktivitas ini sebagai bagian dari rutinitas Anda, misalnya:

  • Lakukan senam kegel saat Anda melakukan aktivitas rutin seperti menggosok gigi
  • Lakukan setelah Anda usai berkemih atau BAB
  • Kontraksikan otot-otot dasar panggul Anda sebelum dan saat melakukan aktivitas yang memberikan tekanan pada perut Anda, seperti: bersin, batuk, tertawa atau mengangkat benda berat
  • Kencangkan otot-otot dasar panggul Anda secara ritmis saat melakukan aktivitas seksual agar menjaga ereksi lebih lama dan memperlambat terjadinya ejakulasi

Rasakan manfaatnya

Jika Anda melakukan senam kegel secara rutin, Anda akan merasakan hasilnya, seperti berkurangnya kebocoran urin, dalam kurun 3-6 minggu. Untuk merasakan manfaat yang lebih permanen, jadikan senam kegel sebagai bagian dari aktivitas rutin Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar