Sukses

Gejala Asam Urat

13 Mar 2015, 11:48 WIB
Wanita, 45 tahun.

semakin hari semakin terasa sakit2 ngilu di tangan kanan sekitar siku tanga kanan, dan telapak kaki kiri dan lututu kaki kiri... apakah ini gejala asam urat ....? mohon saran2nya

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak yang terhormat. 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Rasa ngilu pada telapak tangan dan kaki, siku, serta lutut dapat berasal dari berbagai macam kemungkinan penyebab. Sebelum memastikan gejala yang Anda rasakan tersebut berkaitan dengan asam urat yang tinggi, sebaiknya kenali terlebih dahulu gejala dari asam urat tinggi dan jika memang mengarah pada diagnosis tersebut, kunjungilah dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik ataupun jika diperlukan pemeriksaan laboratorium.

Asam urat dalam jumlah normal terdapat dalam tubuh setiap manusia. Nilai normal asam urat berkisar 2.4-6.0 mg/dL (wanita) dan 3.4-7.0 mg/dL (pria), meskipun terdapat sedikit perbedaan antara tiap laboratorium. Jika terdapat peningkatan dari jumlah normal maka disebut asam urat tinggi atau disebut hiperurisemia (medis).

Kondisi hiperurisemia ini umumnya tidak memberikan gejala apa-apa, namun jika menetap maka kristal yang terkandung dalam asam urat dapat menyebabkan peradangan pada daerah persendian, batu ginjal, ataupun gangguan ginjal. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai akibat hiperurisemia yang memberikan gejala pada sendi atau sering disebut dengan arthritis gout.

Gejala awal dari arthritis gout adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada  sendi yang tipikal dan tiba-tiba. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan arthritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Pasien dengan gout meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu ginjal. Kristal-kristal asam urat dapat membentuk tophi (benjolan keras tidak nyeri disekitar sendi) di luar persendian. Tophi sering ditemukan di sekitar jari tangan, di ujung siku dan sekitar ibu jari kaki, selain itu dapat ditemukan juga  pada daun telinga, tendon achiles (daerah belakang pergelangan kaki) dan pita suara (sangat jarang terjadi).

Oleh karenanya agar diagnosis dapat ditegakkan, kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter umum atau dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar