Sukses

Telinga Congek

20 Feb 2015, 11:44 WIB
Pria, 42 tahun.

Siang dokter... telinga kiri sy mengeluarkan cairan bernanah (congek) sejak sy msh SMP s/d sekarang sehingga pendengaran telinga kiri sy tidak sebagus yg kanan, sy malu utk berkonsul langsung ke dokter spesialis THT, adakah obat yg bisa di beli bebas di apotik utk menyembuhkan penyakit sy ini. atau memang hrs ada tindakan dr dokter, terima kaksih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, Anda mengalami congek, atau dalam dunia medis disebut OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik). OMSK adalah  infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah. 

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Apakah saat ini ada cairan yang keluar dari telinga Anda? Bila masih keluar cairan terus menerus maka perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik.

Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk mengehentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat.  Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi. 

Kami sarankan, Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap derajat kerusakan gendang telinga yang saat ini terjadi pada telinga Anda dan juga untuk menuntaskan infeksi yang mungkin masih terjadi pada telinga Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar