Sukses

Janin Tidak Terlihat Atau Janin Tidak Berkembang

16 Sep 2015, 20:44 WIB
Wanita, 25 tahun.

SIANG DOK. SY INGIN MENANYAKAN BBRAPA HAL. SY SDH DI USG DINYATAKAN JANIN TDK KELIHATAN DAN TIDAK BERKEMBANG. KEMUDIAN DOKTER SARANKAN UNTUK CEK B HCG. HASILNYA 48,642.6. PERKIRAAN USIA KANDUNGAN 10 MINGGU. BGMN ARTINYA. TKS DOK

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai perbedaan makna dari istilah janin tidak berkembang dan janin tidak terlihat / tidak ada ( blighted ovum ).

Hamil Blighted Ovum (BO)  disebut juga hamil kosong, yaitu kehamilan di mana kantong kehamilan tumbuh tanpa disertai pertumbuhan janin, sehingga hanya kantong kehamilannya yang tumbuh. Blighted ovum dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Meski tidak dapat dicegah, blighted ovum umumnya hanya akan terjadi satu kali pada ibu hamil.

Sedangkan janin yang tidak berkembang atau biasa disebut dengan pertumbuhan janin terhambat adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi di mana berat badan bayi tidak sesuai dengan masa kehamilan. Kondisi ini dapat ditemukan baik pada kehamilan cukup bulan maupun prematur.

Tampaknya mengingat perkiraan usia kehamilan Anda memasuki 10 minggu dimana janin tidak terlihat,  maka istilah yang paling tepat untuk menggambarkan kondisi kehamilan Anda saat itu adalah Blighted Ovum (BO).

Kami anjurkan anda membahas lebih lanjut terkait kondisi ini bersama dokter kandungan Anda agar dapat diberikan penanganan lebih lanjut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persiapan kehamilan dapat Anda baca dengan mengakses beberapa artikel kami berikut ini:

Merencanakan Kehamilan

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

Persiapkan Kehamilan dengan Konsumsi Asam Folat

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar