Sukses

Dada Terasa Dingin

08 Oct 2015, 21:00 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, saya merasa bagian dalam dada kiri saya sering terasa dingin, tidak nyeri atau sakit. Rasa dingin itu datang dengan tiba-tiba. Rasa dingin itu kemudian menjalar sampai seluruh dada dan punggung. Saat itu saya merasa sangat lemas. Detak jantung saya bahkan bisa saya rasakan semakin cepat dan keras. Hal ini mulai terjadi ketika saya melakukan pemeriksaan rontgen sebanyak 2 kali dalam 2 minggu (setahun yang lalu). Tapi rasa dingin ini selalu muncul tiba-tiba setiap harinya. Terlebih jika suhu lingkungan dingin, emosi saya sedang labil (baik senang maupun sedih), dan setelah saya berolahraga (saya hanya olahraga lari 2,4KM). Saya takut jika saya mendapat penyakit jantung dok. Sebenarnya apa yang terjadi terhadap diri saya? Terima kasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun, sulit bagi Kami untuk memberikan kepastian dari penyebab keluhan Anda tanpa adanya wawancara medis yang lebih mendalam, pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Saat ini Kami hanya dapat memberikan informasi terkait keluhan ini.

Keluhan sakit pada dada dapat diakibatkan karena gangguan pada otot, tulang dan persendian, saluran pernapasan atau jantung.

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah saluran pernapasan (paru-paru) biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.
  • Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Selain itu juga ada nyeri dada akibat kelainan jantung bawaan yaitu kelainan katup jantung yang sudah berat, dapat menimbulkan beberapa gejala seperti:

  • Sesak napas, terutama saat beraktivitas atau saat tidur berbaring sehingga anda memerlukan lebih banyak bantal saat tidur.
  • Mudah merasa lelah atau pusing
  • Rasa tidak nyaman pada dada, seperti terdapat tekanan pada dada anda atau seperti tertimpa benda berat pada dada anda saat anda beraktivitas atau berada di cuaca yang dingin.
  • Jantung berdebar-debar.
  • Pembengkakan pada kaki (edema)
  • Peningkatan berat badan yang cepat.

Apakah Anda mempunyai riwayat Kelainan Jantung sedari kecil? Apakah ada keluhan menyerupai di atas yang juga Anda rasakan?

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan. Untuk memastikannya, Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar