Sukses

Tenggorokkan Berdahak dan gusi Berdarah

08 Oct 2015, 21:03 WIB
Wanita, 36 tahun.

Dok,kerongkongan sy seakan dipenuhi dahak&gusi sy setiap hari berdarah. Apa sebabnya dok? Trim,s

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Apakah sebelumnya Anda pernah memeriksakan diri ke dokter? apakah Anda pernah meminum obat?apakah terdapat keluhan lainnya?

Banyak hal yang dapat menyebabkan tenggorokan berdahak. Tenggorokan berdahak dapat disebabkan karena infeksi, alergi, iritasi, dan sebagainya. Perokok aktif juga biasanya memproduksi dahak lebih banyak daripada bukan perokok. Apakah Anda merokok?

Pada umumnya banyak obat obatan yang dapat membantu Anda untuk mengeluarkan dahak membandel. Dahak dapat di bantu diencerkan dengan obat minum hingga terapi uap. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan diperoleh pengobatan optimal.

 

Mengenai keluhan Anda selanjutnya, Sebagian besar orang pasti pernah mengalami gusi berdarah. Umumnya masalah ini disadari ketika menyikat gigi. Namun, ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan gusi berdarah.  Berikut di antaranya:   

1. Karang gigi

Plak yang tidak dibersihkan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi, dan karang gigi ini hanya bisa dibersihkan dengan bantuan dokter gigi. Bakteri yang bersarang dalam karang gigi akan menghasilkan racun yang menginfeksi gusi.

2. Perubahan hormon selama kehamilan

Perubahan hormon selama kehamilan akan meningkatkan risiko gusi berdarah bahkan periodontitis. Jadi, jika Anda merasa bahwa hormon Anda merupakan penyebab gusi berdarah, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi mengenai perawatan yang tepat.

3. Leukemia

Pembesaran dan perdarahan gusi merupakan komplikasi rongga mulut yang paling umum dari leukemia.Jaringan gusi dianggap lebih rentan terhadap infitrasi sel leukemia yang menyebabkan pengeluaran komponen molekul adhesi endothelial sehingga inflitrasi leukosit meningkat.

4. Obat-obatan

Beberapa obat tekanan darah dapat menyebabkan peradangan gusi dan perdarahan. Sementara itu, ada obat lainnyaseperti antihistamin dan obat penenang yang juga bisa membuat mulut kering – pemicu lain untuk masalah gusi.

5. Kekurangan vitamin K

Salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin K adalah terjadinya perdarahan gusi pada saat menyikat gigi.Konsumsilah sayur-sayuran berdaun hijau untuk mencegahnya.

Maka jagalah kesehatan gusi Anda karena gusi adalah rumah bagi gigi. Dan sebaiknya periksakan kesehatan gusi dan gigi Anda kepada dokter gigi terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
 
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar