Sukses

Menjaga Menu Makanan Saat Hamil Muda
07 Oct 2015, 19:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

selamat sore menjelang malam dok saya mau tnya dok saya sdng hamil ank prtma 9 minggu.saya brtnya dok apakah dlm usia kehamilan saya yg msh muda saya boleh mengkonsumsi pizza burger dan salad buah pake mayonaise soalnya saya beberapa hri mkn itu dok terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Hamil bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya. Justru Anda perlu memperhatikan setiap asupan yang masuk ke dalam mulut. Kendati Anda harus mengonsumsi 300 kalori lebih banyak, cobalah untuk tetap menjaga pola makan. Ingat: gizi yang baik dan seimbang akan memberikan dampak yang baik juga terhadap janin.

Berikut ini 14 tips yang dapat berguna untuk mendukung pola makan saat kehamilan Anda:

  1. Pilih makanan tinggi serat seperti roti gandum, sereal, pasta dan beras, serta buah-buahan dan sayuran. 
  2. Pastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin dan mineral dalam menu harian.
  3. Makan empat porsi produk susu dan makanan yang kaya kalsium untuk mencukupi kebutuhan 1000-1300 mg kalsium dalam menu harian.
  4. Konsumsi tiga porsi makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, bayam, kacang-kacangan, dan sereal setiap hari untuk memastikan Anda memperoleh 27 mg zat besi setiap hari. 
  5. Saat hamil, tubuh memerlukan 250 mikrogram yodium per hari untuk membantu memastikan otak dan sistem saraf perkembangan bayi. Anda bisa mendapatkannya dari keju, yoghurt, kentang panggang, salmon, dan udang. 
  6. Jangan lupakan vitamin C dari sayur dan buah-buahan seperti jeruk, anggur, stroberi, melon, pepaya, brokoli, kembang kol, kubis, paprika hijau, tomat, dan sawi. Setiap ibu hamil membutuhkan 70 mg vitamin C per hari. 
  7. Pilih setidaknya satu sumber asam folat setiap hari, seperti sayuran berdaun hijau gelap dan kacang-kacangan (kacang lima, kacang hitam, kacang polong dan buncis). Setiap ibu hamil membutuhkan 0,4 mg asam folat per hari untuk membantu mencegah cacat tabung saraf atau neutral tube defect.
  8. Pilih setidaknya satu sumber vitamin A setiap hari. Sumber vitamin A adalah wortel, labu, ubi jalar, bayam, labu air, lobak hijau, aprikot, dan melon.
  9. Hindari alkohol selama kehamilan karena dapat berdampak buruk bagi bayi, seperti kelahiran prematur, keterbelakangan mental, dan cacat.
  10.  Batasi kafein tidak lebih dari 300 mg per hari.
  11. Penggunaan pemanis buatan sangat tidak dianjurkan selama kehamilan, karena dapat menempel pada jaringan janin.

  12. Batasi asupan kolesterol hingga 300 mg atau kurang per hari.

  13. Jangan menyantap ikan hiu, ikan todak, dan kakap putih karena mengandung kadar merkuri yang tinggi.

  14. Hindari ikan mentah, terutama kerang jenis tiram.

Boleh saja jika sesekali Anda mengkonsumsi makanan cepat saji, namun sebaiknya batasi jumlah dan frekuensinya.

Mengonsumsi multivitamin saat hamil juga diperlukan, terutama jika Anda tidak mampu makan makanan seimbang karena pekerjaan yang padat, jadwal perjalanan, atau jika baru sembuh dari sakit.

Pilihlah jenis suplemen vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah, seperti zat besi, vitamin B12, dan asam folat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar