Sukses

Nutrisi Persiapan Kehamilan
11 Jun 2015, 22:58 WIB
Wanita, 28 tahun.

siang dok, saya mau tny apakah boleh minum susu prenagen esensis 1x sehari ditambah dengan folavit 400gr 1x sehari? saya jg pny miom pada kehamilan pertama tetapi pasca melahirkan miomnya hy mengecil menjadi 3 cm..apakah berbahaya untuk kehamilan selanjutnya dok?krn kehamilan pertama prematur usia kandungan 5 bln dan bayi tdak dapat terselamatkan. Terima kasih dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Nutrisi yang baik dalam mempersiapkan kehamilan sangat dianjurkan untuk setiap ibu hamil, termasuk konsumsi makanan bergizi dan suplemen asam folat. Di zaman yang semakin modern ini, nutrisi penting yang dibutuhkan dalam kehamilan hadir dalam kemasan yang lebih praktis, yaitu susu kaleng yang dikenal masyarakat sebagai susu ibu hamil. Secara tidak langsung, susu ibu hamil mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan sangat baik dan menunjang kesehatan ibu serta dapat menjadi salah satu faktor keberhasilan terjadinya kehamilan. Namun selain nutrisi,perlu juga diperhatikan kondisi kandungan calon ibu dan kualitas sperma dari bapak.

Vitamin E memiliki kandungan D- α tocopherol yang berfungsi sebagai suplemen atau zat tambahan yang diperlukan tubuh. Jumlah asupan vitamin E yang dianjurkan setiap harinya untuk wanita usia lebih dari 14 tahun adalah sebanyak 15 mg/hari atau 22.5 internasional unit (IU) per hari. Satu kapsul vitamin E yang Anda tanyakan berisikan 200 IU. Sehingga sebenarnya satu kapsul saja sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dalam sehari. Tapi, pastikan juga kalau asupan vitamin E Anda tidak lebih dari 1.000 miligram (1.500 IU) per hari. Hal ini untuk mencegah keracunan. Tapi, sebagian besar orang justru kesulitan memenuhi asupan vitamin E yang direkomendasikan. Jadi, kalau tidak menggunakan suplemen dalam dosis sangat besar, kemungkinan besar Anda tidak akan mencapai batas maksimum ini.

Pada umumnya, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas).

Untuk informasi lebih lengkap kami sertakan artikel Nutrisi Kehamilan yang bisa Anda kunjungi pada Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar