Sukses

Flek Hitam Pada Wajah, Efek Samping KB?
07 Oct 2015, 20:51 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok,Saya sudah 2,5 tahun sampai sekarang mengalami flex setelah lahiran anak ke 2.saya sudah ke dokter kandungan selalu diberikan pil KB,tapi saya tidak berani minum.Dikarenakan takut terkena kanker,timbul flex hitam diwajah saya dan hamil lagi bila lupa minum.Apakah benar bila minum pil KB akan timbul seperti diatas ? Saya sdh coba KB lain,tp gak cocok.Spiral sdh 2 x dan selalu turun sampai pantat dan pernah tersangkut dijahitan dalam caesar saya.Akhirnya suami yg KB kondom. Demikian pertanyataan dari saya.Mohon dimaklumkan dan atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Flek hitam di wajah dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti terpapar sinat matahari, proses penuaan ataupun pengaruh hormonal. Kondisi ini juga banyak terjadi sebagai efek samping dari pemakaian KB Hormonal.

Untuk pemilihan KB (kontraspesi) semua tergantung Anda. Namun KB yang diminum, yang disuntik dan susuk, merupakan jenis KB hormonal, dimana kandungan hormonal ini yang dapat membuat timbul flek-flek hitam di wajah. Bila memang Anda ingin menghindari hormonal bisa menggunakan IUD (spiral). Atau, bila jumlah anak anda sudah cukup, dan yakin tidak ingin menambah Anak lagi, anda dapat mempertimbangankan metode kontrasepsi Mantap pada wanita. Coba konsultasi dulu dengan dokter specialis kandungan dan kebidanan Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar