Sukses

Tips Mengatasi Ketombe Membandel

16 Feb 2015, 11:33 WIB
Pria, 24 tahun.

Usia saya 24 thn, dok saya mengidap ketombe menahun sejak SMP sampai sekarang blim sembuh dok, cara menyembuhkannya dok.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Semua orang pasti mengenal serbuk-serbuk putih, halus, yang mudah berterbangan dan bisa ditemukan di kulit kepala dan paling mudah terlihat di bahu dan punggung seseorang berbaju hitam. Ya, jawabannya adalah ketombe. Ketombe sebenarnya bukanlah masalah medis yang berbahaya, namun seringkali membuat malu dan sulit diobati.

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang terasa gatal dan berserbuk, berlangsung lama dan terjadi pada kurang lebih 50% populasi manusia di seluruh dunia. Ketombe dapat menyerang dalam bentuk yang paling ringan hingga yang paling berat.

Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti: kulit kepala yang terlalu kering atau terlalu berminyak, jarang mencuci rambut, tidak cocok dengan produk rambut tertentu, penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis (eksim), dan jamur.

Bagaimana mengatasi ketombe?

  • Shampo anti ketombe

Gunakan shampoo anti ketombe yang memiliki kandungan ketokonazol, selenium sulfida, zinc pyrithione, coal tar, asam salisilat, atau resorsin. Kulit kepala dikeramasi 2-3 kali seminggu selama minimal 1 bulan. Saat keramas, diiamkan dahulu selama minimal 5 menit, kemudian bilas.

  • Obat topikal (oles)

Pada kasus peradangan yang lebih berat dapat diberikan obat topical (oles) berupa krim kortikosteroid 2,5%, krim ketokonazol 2%, atau krim pragmatar. Jika peradangan sangat berat dan sulit diobati dapat ditambah kortikosteroid atau ketokonazoloral.

  • Menghindari faktor pencetus

Dalam hal ini jika kulit kurang terjaga kebersihannya, maka sebaiknya mulai membiasakan untuk keramas dengan lebih rutin. Jika terbiasa menggunakan helm atau penutup kepala untuk berkendara atau beraktivitas, maka mulai harus memperhatikan juga kebersihan helm dan penutup kepala tersebut,

  • Konsultasi ke dokter

Jika ketombe Anda tidak hilang setelah beberapa minggu pengobatan, kulit kepala menjadi bengkak/kemerahan, rambut rontok, muncul ketombe di bagian tubuh lain, segera konsultasikan ke dokter. Anda mungkin membutuhkan resep shampo anti ketombe yang lebih kuat, obat anti jamut, atau krim kortikosteroid.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar