Sukses

Amankah Ibu Hamil Melewati Prosedur Keamanan?

07 Oct 2015, 21:26 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok,apakah pemeriksaan/deteksi keamanan di mal dan bandara aman bagi ibu hamil? Sebab setiap hari saya harus melewati pemeriksaan seperti ini. Terima Kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Umumnya pada saat pemeriksaan keamanan, digunakan Alat Metal Detector, Body Scanner atau piranti. Amankah Ibu Hamil Melewati Prosedur Keamanan ini? Jawabanya, Ya. Karena sejauh ini semua bentuk pemeriksaan tubuh tersebut dalam batas aman bila digunakan oleh ibu hamil. Untuk itu Akan kami bahas lebih lanjut berdasarkan jenis alat yang digunakan.

  1. Alat pendeteksi logam (metal detector)

Alat ini merupakan alat yang paling umum digunakan di tempat umum. Terdapat dalam bentuk seperti tongkat maupun berupa ‘gerbang' yang harus dilewati pengunjung. Banyak yang menyangka bahwa alat ini menggunakan sinar X, hal tersebut adalah pemahaman yang salah. Prinsip dasar alat ini menggunakan medan magnet, dan tidak menggunakan radiasi pengion. Oleh karena itu, tidak berbahaya bagi ibu hamil.

2. Pemindai tubuh (body scanner)

Alat ini berbentuk seperti tabung, dan memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan sekedar pendeteksi logam. Pemindai tubuh ini digunakan bandara internasional di Amerika serikat, Kanada, Inggris, Belanda, dan sedang direncanakan untuk digunakan di bandara-bandara Indonesia.

Pemindai tubuh ini terdiri dari dua jenis:

a. Pemindai tubuh x-ray

Mesin ini memang memindai tubuh menggunakan x-ray, salah satu radiasi pengion. Namun tidak perlu khawatir, mesin ini memberikan kadar radiasi yang sangat rendah dan risiko minimal terhadap kesehatan kehamilan. Disebutkan bahwa pemindai ini mengeluarkan kurang dari 1/1000 radiasi yang diberikan pada pemeriksaan sinar X dada.

b. Pemindai tubuh dengan gelombang milimeter

Sesuai namanya, mesin ini tidak menggunakan sinar radiasi pengion. Pemindai yang menggunakan sinar radiofrekuensi dengan energi rendah ini aman untuk ibu hamil.

 

3. Pemindai barang berbentuk ruangan

Pemindai ini menggunakan sinar X dalam kadar yang lebih besar, disebutkan bahwa kadar radiasinya menyerupai kadar yang diterima saat melakukan pemeriksaan sinar X untuk gigi. Namun jangan khawatir, alat ini memiliki dinding yang tebal dan menggunakan penutup dari bahan timbal yang cukup tebal untuk menghindari keluarnya radiasi keluar kabin tersebut. Kadar yang diberikannya pun tidak sampai merusak sel-sel tubuh. Dari barang-barang hasil pindaian, juga tidak akan terdapat sisa radiasi. Namun tetap saja, jangan memasukkan makhluk hidup ke dalam pemindai seperti ini, karena memang alat ini hanya ditujukan untuk pemindaian barang.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar