Sukses

Merawat Kesehatan Gigi

16 Feb 2015, 13:20 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok mau tanya, saya pernah kena karies sejak kecil, lama2 gigi saya 2 dpan berlubang, kemudian syarafnya mati, begitu kata dokter gigi, dan terpaksa saya ganti gigi palsu demi sekolah, apa yang harus saya lakukan untk menjaga gigi saya yang lain? mengingat gigi2 saya mulai terkikis sedikit demi sedikit, saya khawatir dok, trimakasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Cara menjaga kebersihan dan kesehatan gigi :

  • Sikatlah gigi 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.
  • Gunakanlah pasta gigi berflouride.
  • Kontrol ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali atau sesuai dengan rekomendasi dokter Anda.
  • Hindarilah kebiasaan makan cemilan manis diantara waktu makan.
  • Biasakan tidur dalam keadaan gigi yang bersih.
  • Hindari menyikat gigi segera setelah makan atau minum sesuatu yang bersifat asam.
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan dental floss.

Merawat kesehatan gigi perlu didukung juga dengan pelimihan sikat gigi.Berikut beberapa tips yang bermanfaat dalam memilih sikat gigi yang baik dan sehat:

  1. Sesuaikan ukuran sikat gigi dengan rongga mulut, terutama untuk menggosok bagian yang sulit dijangkau. Selain itu, dengan memiliki sikat gigi yang sesuai dengan rongga mulut, dapat mengoptimalkan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi. Terutama bagi yang memiliki struktur gigi cukup kecil, disarankan gunakan sikat gigi berukuran kecil pula. Bentuk kepala sikat gigi yang berbentuk oval dapat melindungi gusi dari kemungkinan terluka.
  2. Pilihlah bulu sikat gigi yang halus. Hal ini berguna untuk melindungi gusi dari kemungkinan terluka ketika menyikat gigi. Pun, bulu sikat yang terlampau kasar dapat merusak lapisan gusi sehingga menyebabkan gigi sensitif. Sebaliknya, jika bulu sikat terlalu halus, kebersihan gigi menjadi kurang optimal.
  3. Sikat gigi dengan pegangan yang cukup lebar dapat membantu untuk menggenggam dengan lebih kuat dan mantap, sekalipun dalam keadaan basah.
  4. Jika menggunakan jenis sikat gigi yang memiliki penutup kepala sikat, pastikan penutup sikat memiliki lubang ventilasi udara. Dengan demikian proses tumbuhnya bakteri akibat tingkat kelembaban yang tinggi di kepala sikat dapat terhindari.
  5. Batas pemakaian sebuah sikat gigi adalah 3 bulan, jika digunakan lebih dari tempo yang ditentukan, maka berpotensi untuk melukai gusi ketika proses penyikatan berlangsung.
Demikian informasi yang dapat Saya berikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar