Sukses

Perawatan Kulit Berminyak

16 Feb 2015, 12:19 WIB
Pria, 18 tahun.

Salam dok, Nama saya Ical dan keluhan saya berada dimuka yang berminyak dan punya bintik-bintik yang timbul.. Solusinya gimana ya dok??

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada kulit berminyak biasanya jerawat mudah terjadi. Kulit berminyak mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ‘menangkap’ kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibandingkan jenis kulit kering. Sehingga, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit.

Cara mengatasi kulit berminyak yaitu dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Pilihlah sabun khusus dengan pH yang sesuai untuk kulit (mislanya pH 5,5). Dengan pH yang sesuai maka dapat menghindari keringnya kulit wajah (yang justru memicu produksi minyak lebih banyak). Rajin-rajinlah membersihkan wajah karena minyak diwajah dan debu dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

0 Komentar

Belum ada komentar