Sukses

Tubuh Sering Kesemutan dan Nyeri Skrotum

19 Feb 2015, 21:25 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, bagian tubuh saya sebelah kiri dari kaki sampai tangan kiri sering nyeri, mudah kesemutan, lemah dan kurang bertenaga serta alat reproduksi saya juga terganggu tepatnya pada buah zakar kiri sering nyeri, sakit dan bentuknya berubah, agak naik ke atas sehingga membuat penis saya juga tergannggu, yaitu tidak bisa ereksi secara maksimal. ada yang mengatakan kalau saya ada indikasi saraf terjepit, sebenarnya apa yang terjadi pada saya dok? mohon bantuannya. Atas bantuannya saya ucapkan banyak Terima Kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Sejak kapan keluhan  dirasakan? Apakah keluhan tersebut muncul setiap saat atau hilang timbul, dan apakah kesemutan muncul di bagian tubuh lainnya? Apakah ada gejala lain seperti nyeri pinggang, nyeri buang air kecil? 

Keluhan kesemutan merupakan keluhan yang umum ditemui dan banyak penyebabnya, dan untuk memastikan penyebab keluhan Anda diperlukan pemeriksaan fisik selain wawancara medis yang lengkap. 

Sebagai informasi, biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki anda) menjadi terhambat. Apabila ini yang terjadi, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini merupakan hal yang wajar terjadi. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika keluhan kesemutan anda semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri anda, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga anda segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)

  • frekuensi napas cepat

  • serangan panik

  • dehidrasi (kurang cairan)

  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan

  • dsb 

Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

  • gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb

  • gangguan jantung dan pembuluh darah

  • gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.

  • infeksi dan sindrom post-infeksi

  • gangguan jaringan ikat dan imunitas

  • kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi

  • kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12

  • keganasan/tumor otak

  • dsb

Kesemutan hanya di punggung kiri sangat jarang terjadi. Kami tidak dapat mendiagnosis suatu penyakit hanya melalui informasi yang sangat terbatas seperti ini dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Maka dari itu, jika anda merasa terganggu dengan keluhan anda, cobalah berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Nyeri di Skrotum

Sebelum mengetahui apa yang terjadi pada diri Anda, selain dari informasi mengenai keluhan yang dirasakan tentunya juga dibutuhkan pemeriksaan fisik ataupun penunjang langsung untuk menentukan kondisi kantung testis Anda dan organ di sekitarnya. Sejak kapan nyeri terasa?

Selain gejala nyeri  hilang timbul seperti yang Anda keluhkan, apakah terdapat:

  • Riwayat trauma atau cedera di daerah kemaluan?
  • Benjolan pada permukaan testis atau pembengkakan secara keseluruhan, baik pada satu ataupun keduanya?
  • Kemerahan atau rasa panas pada daerah kantung testis (buah zakar)?

Nyeri pada testis (Orchialgia) dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya riwayat trauma, infeksi, operasi, torsio testis (perputaran saluran sperma), hernia. Trauma/cedera pada testis biasanya menimbulkan nyeri sesaat, namun tergantung pada tipe dan beratnya trauma. Torsio testis biasanya menimbulkan nyeri hebat yang mendadak disertai kemerahan dan bengkak pada skrotum. Torsio testis merupakan kondisi emergensi dan biasanya membutuhkan intervensi bedah. 

Infeksi yang umum terjadi pada adalah epididimitis, infeksi pada lapisan epididimis testis. Sebagian besar disebabkan oleh infeksi menular seksual, termasuk klamidia dan gonorea (GO). Gejala berupa nyeri yang bersifat gradual, dengan kemerahan dan pembengkakan di daerah skrotum. Gejala lain yang berhubungan dengan epididimitis termasuk mual, muntah, demam, nyeri buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual. Terapi utamanya adalah pemberian antibiotik. Epididimitis dapat menyebabkan orchitis (peradangan pada testis) jika tidak diobati dan dapat menimbulkan nyeri hebat.

Selain itu perhatikan juga apakah terdapat benjolan pada testis Anda. Hernia inguinalis terjadi ketika usus masuk ke dalam skrotum melalu bagian otot perut yang lemah. Gejala berupa nyeri di selangkangan yang dapat menjalar sampai paha, benjolan di selangkangan dan skrotum yang memberat jika mengangkat beban berat. 

Kami sarankan untuk memeriksakan masalah Anda ke Dokter Spesialis Urologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung. Pemeriksaan ini dikonfirmasikan dengan sisi yang tidak sakit. Kemudian pasien akan diperiksa dalam keadaan tidur terlentang, apakah elevasi (pengangkatan) testis akan meningkatkan rasa sakit.

 

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam 

    0 Komentar

    Belum ada komentar