Sukses

Resiko Kanker Payudara

15 Mar 2015, 23:57 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok, ketika kita mempunyai keluarga (ibu) yang mengalami kanker payudara , seberapa persen kah kita (anak) bisa terkena kanker yang sama atau kanker yg lainnya ? cara menghindari agar kita tak terjangkit penyakit yg semacam nya ? .

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Memang kanker payudara dapat diturunkan jadi sebaiknya bila memang ada keturunan kanker payudara, secara rutin dapat melakukan pemeriksaan payudara.

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dapat Anda lakukan kapan saja Anda mau, perhatikan apakah ada perubahan pada jaringan payudara seperti ada benjolan, perubahan pada puting susu, nyeri, atau keluarnya cairan pada puting susu.

Untuk kasus dimana resiko tinggi untuk kanker payudara Anda juga dapat lakukan pemeriksaan mamografi atau MRI secara rutin(beberapa tahun sekali tergantung dari usia, untuk usia 50 tahun ketas maka mungkin rasio meningkat menjadi 1 -2 tahun sekali).

Anda juga pemeriksaan untuk memeriksa gen, dimana dapat menditeksi apakah Anda ada kemungkinan untuk terkena kanker atau tidak, namun ini hanya untuk beberapa gen saja. Anda dapat konsultasi hal ini ke specialis onkologi.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar