Sukses

Resep Obat Batuk Pilek Saat Hamil

28 Jun 2015, 19:36 WIB
Wanita, 4527 tahun.

Dok,saat ini saya sedang hamil 3bulan. Sedang demem flu dan batuk. Sya ke dokter UGD,dan dikasih obat kalmoxillin500mg,sumagesik parasetamol 600mg,fluimucil 200mg. Apakah itu aman untuk kandungan saya?saya khawatir krna ini anak pertama saya.. Terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Amoksisilin merupakan salah satu jenis antibiotik yang aman untuk diberikan kepada ibu hamil. Sedangkan Paracetamol merupakan obat penurun demam atau anti nyeri yang juga aman untuk ibu hamil. Demikian juga obat ketiga yang anda sebutkan, berisi N- acetylcystein, merupakan obat yang tidak menunjukkan resiko pada janin.

Di bawah ini adalah beberapa contoh antibiotika yang secara umum aman dikonsumsi selama kehamilan:

  • ·         Amoxicillin
  • ·         Ampicillin
  • ·         Klindamisin
  • ·         Eritromisin
  • ·         Penisilin
  • ·         Sefalosporin

Bila memang antibiotik digunakan secara tepat (untuk mengobati infeksi yang sedang dialami) maka hal tersebut tidak masalah asal jenis antibiotik yang digunakan adalah antibiotik yang aman bagi ibu hamil. Sebab beberapa jenis antibiotik dapat memberikan efek buruk bagi kehamilan, jadi tidak semua jenis antibiotik dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Antibiotik tidak untuk dikonsumsi rutin, misalnya hanya selama 5 hari. Setelah 5 hari, Anda tidak perlu melanjutkan pengonsumsian antibiotik terutama bila gejala penyakit telah berkurang.

Jadi, bila Anda memang sakit dan memerlukan antibiotika, Anda dapat mengkonsumsinya sesuai dengan petunjuk dokter. Pada beberapa kasus, bila infeksinya pada ibu hamil tidak ditangani, justru dapat lebih berisiko terhadap janin yang dikandung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar