Sukses

TBC atau Flek Paru

28 Jun 2015, 19:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dok.. Saya ingin menanyakan mengenai flek paru-paru. Penyakit saya kambuh kembali setelah dulu (pada saat umur 6th dan 12th) pernah berobat jalan selama 6 bulan. Hasil tes lab menunjukkan : WBC - LY = 41,8 % PCT = 0,09 % MPV = 4,4 fl PDW = 18,6 % Bagaimanakah kondisi kesehatan saya berdasarkan hasil lab itu dok? Karena saya belum bisa konsultasi ke dokter di lingkungan tempat tinggal saya. Apakah flek paru-paru dan TBC paru-paru itu sama dok? Jika berbeda, apa saya ada kemungkinan menderita TBC? Sekian pertanyaan saya. Terima kasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Flek paru atau TBC paru merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri M.tuberkulosa. Diagnosa untuk penyakit ini berdasarkan gejala klinis dan pemeriksaan penunjang (roentgen dada, laboratorium{dahak}).

Apakah Anda sudah dinyatakan sembuh oleh dokter dengan melakukan pemeriksaan roetngen dan dahak?

Apabila memang masih terdapat keluhan, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter Anda. Mungkin saja penyakit tersebut kambuh kembali. TBC dapat kambuh kembali apabila daya tahan tubuh melemah. Perlu diketahui bahwa batuk yang sangat keras pun dapat menimbulkan perlukaan/lecet pada tenggorokan dan menimbulkan sedikit bercak darah.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar