Sukses

Pusing dan Mimisan Saat Mengalami Stres

16 Feb 2015, 10:59 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya mau tanya, Kira-kira gejala penyakit apa ya, kalau pada saat ada masalah berat, tiba-tiba kepala pusing dan mimisan? Apakah ada penyakit dalam atau gejala suatu penyakit? Mohon penjelasannya. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, stres dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll.  Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Sementara ini, yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adala;

  • Minum obat penghilang rasa sakit

  • Istirahat

  • Menghindari stres

  • Apabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat , rasa sakit tidak berkurang bahkan makin hebat , segeralah datang ke Dokter .

Begitu pula dengan keluhan mimisan yang Anda rasakan. Kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah, sebab tekanan darah yang tinggi kadangkala dapat menyebabkan gejala mimisan dan nyeri kepala.

Kami tidak bisa memberikan kepastian diagnosis tanpa adanya wawancara medis yang lebih mendalam, pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Untuk itu, Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter umum maupun dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui secara pasti penyebab dari sesak nafas Anda sehingga obat yang diberikan sesuai dengan penyebab.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar