Sukses

Keluar Darah Pasca Berhubungan Seksual

16 Feb 2015, 10:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hallo Dokter, saya mau tanya, saya berhubungan seks dg kondom pd malam hari, itu pertama kalinya saya berhubungan dg kondom, dan sedikit sakit. Lalu pagi nya berhubungan lagi dengan kondom. saat di kamar mandi, saya baru sadar dari vagina keluar darah, tp saat saya lihat sudah berenti sepertinya. Pendarahan itu hanya saat itu saja, setelah itu tidak ada darah sama sekali. apakah ini post coital bleeding atau pendarahan yg lain? Selain itu, di hari yang sama kulit bagian payudara saya mulai memerah dan makin memerah, kulit bagian tangan dan tungkai depan saya terasa perih seperti terbakar matahari. saya pikir karena gesekan saja, karena bagian itu lah yang bergesekan dg ranjang. Sore nya saat kami melakukan lagi, bagian pinggang belakang saya juga seperti itu, setelah gesekan dr tangan pasangan saya dg baju yg saya pakai, dan perlahan2 semua bagian yang perih tadi memerah. tapi hanya hari itu saja, besoknya sudah menghilang dan ganti kulit, seperti kulit terbakar matahari. ini ada apa ya dok? apa hanya kulit sensitif saat itu?terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah banyak jumlah darah yang keluar? Adakah disertai rasa nyeri/ perih? Bila jawabannya Ya, maka kemungkinan darah yang keluar ini ada kaitannya dengan iritasi yang terjadi di bagian vagina akibat kurangnya pelumasan daerah vagina (pemanasan/ foreplay yang terlalu singkat). Perhatikan bahwa adakah kebiasaan keluarnya darah diluar periode mens? Adakah nyeri saat berhubungan seksual? Adakah keputihan yang berbau dan berjumlah cukup banyak?

Sedangkan untuk gejala perih dan kemerahan di berbagai area pada kulit, kami menduga penyebabnya berkaitan dengan trauma/ iritasi yang terjadi selama berhubungan seksual. Hal ini dibuktikan dengan sesuainya area kemerahan dengan daerah yang banyak tersentuh selama melakukan hubungan seksual. Bila kemerahan ini hanya berlangsung selama 1 hari dan kemudian hilang, Anda tidak perlu khawatir. Untuk menghindarinya, kemungkinan bisa dilakukan dengan melakukan hubungan seksual tidak secara kasar/ lebih lembut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar