Sukses

Jerawat di Bagian Punggung

14 Feb 2015, 21:36 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau tanya.. Dok punggung saya bagian atas gatal-gatal bentol kecil-kecil sekali seperti biang keringat, udah saya kasih bedak untuk biang keringat tapi ko nda sembuh-sembuh ya.. Apakah gatal itu merupakan jerawat yang timbul di punggung? Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jerawat di bagian punggung tentunya menyebabkan keresahan bagi penderitanya. Hal ini memang sering terjadi pada mereka yang memiliki kondisi kulit berminyak, memiliki keturunan kulit berjerawat dan kondisi jerawat pada kulit yang cukup berat. Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran.

Kondisi kulit berminyak memang merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah dan daerah berminyak, pengendalian stress dan sebagainya. Pengaruh hormonal juga menjadi tantangan tersendiri. Jerawat di punggung, dada dan sekitarnya paling sering juga disebabkan karena kondisi kulit yang berkeringat. 

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Kami memahami rasa frustasi Anda. Hal ini memang sering sekali terjadi, dan sangat bisa dipahami, Anda perlu bersabar dan memperhatikan pemicu-pemicu yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat agar dapat menghindarinya.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter ahli estetika yang dapat membantu Anda dengan pengobatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar