Sukses

Mengenali Benjolan Kanker

06 Oct 2015, 11:23 WIB
Pria, 21 tahun.

dok, bagaimana cara mengenali, apakah itu benjolan kanker atau bukan?dan bagaimana cara pencegahan pertama?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa setiap benjolan yang tidak lazim tumbuh pada tubuh dapat disebut tumor. Tumor tersebut akan dibedakan namanya berdasarkan lokasi ataupun isi dari benjolan itu sendiri. Untuk memastikannya, pada umumnya diperlukan pemeriksaan jaringan untuk mengetahui komposisi dari benjolan tersebut, misalnya lipoma ( jaringan lemak), ateroma, kista dermoid, fibroma dll. Tumor tersebut nantinya dibedakan menjadi tumor jinak atau tumor ganas ( kanker) melalui pemeriksaan yang sama.

Saat ini yang dapat anda lakukan jika mendapati adanya tumor pada tubuh adalah melakukan pemeriksaan kepada dokter spesialis bedah, kemudian dokter dapat menganjurkan anda untuk melakukan pemeriksaan jaringan tumor untuk melihat apakah benjolan tersebut ganas atau tidak. Barulah penanganan yang tepat dapat dipertimbangkan, apakah benjolan tersebut harus diangkat melalui tindakan operasi (atau bisa cara lain), atau dapat dibiarkan saja (jika tidak berbahaya dan tidak mengganggu).

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar