Sukses

Gigi Anak Gigis

13 Feb 2015, 12:07 WIB
Wanita, 37 tahun.

dok, saya punya putera berumur 5.5 tahun, 16 kg, mengalami gigi berlubang pada hampir seluruh gigi susunya (bhs jawa : gigis), apa yg harus saya lakukan dok ? sudah saya bawa ke dokter gigi, tapi kata dokter nya d suruh tunggu sampai anak berumur kira2 6 th.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda dan turut prihatin atas kondisi yang anak Anda alami. Memang banyak sekali ditemui gigi berlubang pada anak-anak, dimana hal ini disebabkan oleh pola makan yang salah dan kurangnya menjaga kebersihan gigi. Pada prinsipnya gigi yang berlubang harus dilakukan perawatan dan jangan dibiarkan, apalagi ditunggu sampai ada keluhan atau rasa sakit. Perawatan pada gigi berlubang dilakukan tergantung dari kondisi lubang pada gigi itu sendiri seperti kedalam, letak, luasnya lubang serta gigi mana yang mengalami lubang tersebut dapat dilakukan dengan penambalan atau perawatan lainnya.

Pada gigi yang berlubang dimana keadaannya sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan guna mempertahankan keberadaan dan fungsi gigi tersebut didalam rongga mulut maka pilihannya adalah pencabutan karena dapat membahayakan kesehatan termasuk kesehatan dan pertumbuhan gigi tetap. Dalam hal ini Saya menyarankan agar sebaiknya bawa dan periksakan keadaan anak Anda ke dokter gigi spesialis anak.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca.

Perilaku Ibu Tentukan Kesehatan Gigi Anak

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Gigi Palsu Solusi Gigi Ompong

Penyebab Gigi Berlubang?

Cara Menyikat Gigi dan Kebiasaan Makan Picu Gigi Berlubang

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar