Sukses

Karies dan Gingivitis

14 Feb 2015, 11:54 WIB
Wanita, 17 tahun.

Penyakit apa saja yg dapat menyerang gigi dan gusi? Lalu bagaimana caranya menjaga kebersihan gusi dan gigi untuk tetap sehat? Makasih dok

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Penyakit yang dapat menyerang gigi dan gusi sangat bervariasi dan banyak, namun yang paling banyak menyerang gigi adalah penyakit gigi berlubang/ karies dan penyakit yang banyak ditemukan pada gusi adalah radang gusi atau gingivitis. Saya akan membahasnya satu per satu mengenai penyakit karies dan gingivitis. Penyakit gigi berlubang atau karies gigi disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk sehingga terjadi akumulasi plak yang mengandung bakteri. Bakteri yang terdapat pada rongga mulut dan plak gigi ini mampu bertahan dari asam yang diubahnya dari glukosa dan karbohidrat makanan. Asam ini pada akhirnya akan merusak struktur gigi hingga berlubang.

Untuk mencegah kerusakan gigi dan komplikasi penyakit, perawatan kebersihan gigi mutlak diperlukan. Mulut sebenarnya mempunyai sistem pembersihan sendiri, yaitu air ludah. Namun, dengan beragamnya jenis makanan yang kita konsumsi, kita perlu menggunakan sikat gigi dan pasta gigi untuk mencegah plak yang biasa terdapat di sela-sela gigi.

Peradangan gusi atau yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal.

  1. Yang utama adalah kebersihan mulut yang buruk, di mana banyak akumulasi plak di permukaan gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  2. Gusi juga menjadi lebih mudah berdarah bila di sekitar leher gigi banyak terdapat kalkulus atau karang gigi.
  3. Adanya perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil.
  4. Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain kllers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi
  5. Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan.
  6. Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C
  7. Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Jadi secara garis besar untuk mengindari kedua macam penyakit ini maka Anda dituntut untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan tindakan menyikat gigi, membersihkan sela gigi dan juga kontrol serta melakukan perawatan didokter gigi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar