Sukses

Benjolan di Belakang Lutut

15 Feb 2015, 22:27 WIB
Wanita, 42 tahun.

dok sy ada benjolan dibelakang lutut kiri sy asalnya kecil sekarang sdh sebesar kelereng.bahaya ga dok?itu apa ya?klo mu periksa ke dokter apa?benjolan agak keras tp tidak sakit klo ditekan.makasih ya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk memastikan diagnosis Anda, memang selain diperlukan informasi-informasi yang mendetil dan lengkap juga perlu didukung dengan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. 

Benjolan dalam istilah medis dinamakan tumor. Terbagi terbagi menjadi tumor jinak yang tidak berbahaya dan ganas. Jadi tidak semua tumor dikatakan ganas. Sulit bagi kami untuk mengetahui benjolan yang Anda maksud karena tidak melakukan pemeriksaan langsung. Benjolan biasanya disebabkan oleh  pembesaran kelenjar getah bening (limfadenopati), lipoma (tumor jinak jaringan lemak), tumor sel saraf (neurofibroma), atau kista ateroma (tumor jinak kelenjar keringat). Tapi dalam menghadapi benjolan, kita harus berpikir bahwa itu sesuatu yang berbahaya (tumor ganas) sampai terbukti itu tidak berbahaya, agar penanganannya tidak terlambat (dibiarkan saja). Limfadenopati dapat menandakan adanya proses infeksi, kanker maupun penyebaran kanker.

Bagaimana mengetahui benjolan tersebut berbahaya? Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya. Meskipun demikian, seringkali dengan pemeriksaan fisik pun belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya.  

Sulit bagi kami untuk mendiagnosa tanpa keterangan yang lengkap dan pemeriksaan fisik. Mengingat keterbatasan kami, kami sarankan Anda mengunjungi dokter bedah terlebih dahulu untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar