Sukses

Gigi dan Gusi Anak Bermasalah

13 Feb 2015, 12:39 WIB
Pria, 2 tahun.

Dok, anak sy susah sekali untuk d ajak gosok gigi. Akibatnya gigi depan atasnya karies. Kmren gusiny merah2 semua ada demam tp ga tinggi. Td pg saat saya bersihkan mulutny. Gusi atas nya berdarah. Apa yg hrus sy lakukan ya dok?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi gigi anak Anda. Kerusakan pada gigi anak atau bayi yang umum adalah karena pola makan yang salah dan kebersihan giginya yang tidak maksimal, sayangnya dalam pertanyaan Anda, Anda tidak menginformasikan usia anak Anda. Pemberian susu atau minuman manis lainnya dalam jangka waktu yang lama bahkan sampai tertidur sangat beresiko merusak gigi hingga gigi menjadi berlubang. Apakah dalam memberikan susu pada anak Anda menggunakan botol dot? apakah diberikan sampai anak tertidur? apakah diberikan dalam jangka waktu yang lama dan sering menggunakan botol dot? bagaimana dengan kebersihan giginya? apakah disikat atau dibersihkan dengan menggunakan pasta gigi?. Perlu Anda ketahui bahwa pemberian susu dalam botol dot dalam jangka waktu yang lama atau sering atau sampai anak tertidur adalah suatu kebiasaan yang sangat destruktif bagi gigi anak terlebih lagi jika gigi anak tidak terjaga kebersihannya.

Sebaiknya selalu jaga kebersihan gigi anak dengan membersihkannya dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, dan hindari kebiasaan yang beresiko terhadap kesehatan gigi anak. Jangan biarkan anak Anda tertidur dalam keadaan gigi dan rongga mulut yang tidak bersih. Untuk memeriksakan keadaan gigi anak Anda maka dapat Anda lakukan pada dokter gigi atau dokter gigi spesialis anak dan mengingat kondisi gigi anak telah mengalam karies serta terjadi perdarahan pada gusi maka jangan tunda pemeriksaan ke dokter gigi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar