Sukses

Batuk Tidak Kunjung Sembuh

12 Feb 2015, 13:23 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok batuk saya tak kunjung sembuh sudah sebulan kalau saya beraktivitas batuk saya menjadi2 kalau saya beristirahat batuk saya berkurang

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda adalah batuk selam 1 bulan dan tidak kunjung sembuh. 

Apakah Anda memiliki riwayat asma/alergi? Apakah ada gejala lain yang menyertai seperti batuk berdarah, keringat pada malam hari, nyeri dada, sesak napas? Apakah di lingkungan rumah/keluarga/kerja ada yang terkena tuberkulosis (TBC) paru?

Batuk lama (> 2 minggu) dapat disebabkan oleh bronkitis, asma, alergi atau TBC paru. Gejala TBC Paru antara lain: batuk produktif (berdahak) lebih dari sama dengan 3 minggu, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi. 

Berat badan turun dapat dipengaruhi oleh banyak sekali kondisi. Beberapa penyakit yang dapat membuat berat badan turun adalah penyakit hipertiroid, diabetes melitus, TBC, HIV/AIDS dll. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang (pemeriksaan dahak, foto rontgen dada, laboratorium, dsb).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar