Sukses

Tidak Bisa Tidur, Tidak Nafsu Makan, Jantung Berdebar, dan Takut Mati

11 Feb 2015, 13:28 WIB
Pria, 22 tahun.

selamat siang dok sudah hampir 21 hari ini saya merasa jantung berdebar dan sesak rasakan selama ini rasa takut mati,takut gila,susah tidur,takut kalau mau tidur,takut gak bisa kembali hidup,bangun tidur juga seperti orang bingung dan ketakutan seperti mau tidur ,badan terasa ringan,kenapa saya ini dok mohon pencerahannya,terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah sejak 2 hari tidak bisa tidur, tidak nafsu makan, dan jantung berdebar sesaat. Apakah ini pertama kalinya anda rasakan atau pernah sebelumnya? adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti nyeri dada, keluhan lambung, sesak nafas, sakit kepala atau kepala terasa ringan, gelisah, gemetaran, dan tidak bisa santai? Adakah masalah-masalah yang sedang anda hadapi yang selalu anda pikirkan? adakah suatu masalah yang membuat anda cemas sebelum keluhan tersebut anda rasakan?

Anda juga sudah memeriksakan diri kepada dokter sebelumnya,apakah kepada dokter umum atau kepada spesialisasi tertentu? adakah kelainan dari pemeriksaan yang disampaikan oleh dokter tersebut? ataukah dokter menyempaikan tidak ada kelaianan yang didapat sehingga dokter menyarankan Anda  untuk memeriksakan diri kepada pusat pelayanan medis dengan fasilitas lebih lengkap agar dapat mencari informasi melalui pemeriksaan lebih lanjut?

Jika memang keluhan anda tersebut timbul akibat adanya gangguan dari satu atau lebih organ dalam tubuh Anda (seperti jantung, lambung, dll) maka dapat dikonfirmasi melalui pemeriksaan fisik. Jika masih belum ditemukan adanya kelaianan, namun keluhan kerap kali anda rasakan secara berulang, maka diperlukan pemeriksaan penunjang sesuai dengan organ apa yang dituju yang dianggap sebagai kemungkinan penyebab keluhan tersebut.

Namun, ketika tetap tidak ditemukan adanya gangguan fisik, maka gangguan pada psikologis juga perlu dipertimbangkan. Salah satu gangguan psikologis yang juga memberikan keluhan seperti yang Anda rasakan, adalah gangguan cemas. Dimana penderitanya akan menunjukkan gejala kecemasan sebagai keluhan primer yangberlangusng hampir setiap hari, untuk beberapa minggu sampai beberapa bulan, yangmana penyebab cemas tidak hanya terbatas oleh penyebab tertentu (hal apapun dapat membuat cemas).

Gejala-gejala tersebut biasanya mencakup unsur-unsur berikut;

  • kecemasan (kekhawatiran akan nasih buruk, merasa seperti ujung tanduk, sulit konsentrasi, dsb)
  • ketegangan (gelisah, sakit kepala, gemetaran, tidak dapat santai, dsb)
  • overaktivitas saraf yang tidak disadari ( kepala terasa ringan, berkeringat, jantung berdebar, sesak nafas, keluhan lambung, pusing kepala, mulut kering, dsb)

Namun gangguan psikologis ini akan sendirinya tersiingkirkan apabila memang jelas didapatkan atau terlihat adanya gangguan organik pada tubuh Anda melalui pemeriksaan yang telah dilakukan.

Untuk saat ini yang dapat Anda lakukan adalah;

  • Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
  • Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
  • Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan.

Kami-pun juga menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter pada pusat pelayanan medis dengan fasilitas medis yang lengkap seperti rumah sakit agar dapat membantu mempermudah dalam menegakkan diagnosis jika kondisi Anda memang membutuhkan pemeriksaan penunjang dalam mencari tahu penyebab keluhan Anda tersebut. Untuk itu, kami anjurkan anda bersabar dan tidak mudah putus asa dalam menangani keluhan Anda tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar