Sukses

Restriksi Ringan Paru

11 Feb 2015, 15:12 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat pagi dok.. Enam bulan belakangan ini dada saya sebelah kiri sering terasa sakit lalu nafas juga terasa sesak,, apalagi kalau cuaca dingin,, rasa sakitnya itu bisa nembus sampai punggung belakang.. 2 hari lalu sya lakukan mcu di sebuah rumah sakit,, hasil rontgen dan cek darah menunjukkan bahwa saya baik2 saja.. Tetapi hasil spirometri ada keterangan "restriksi ringan". Saya kurang paham dengan istilah "restriksi ringan", mohon penjelasannya dok.. Dan apabila saya ingin konsul ke dokter spesialis, lebih baik ke dokter spesialis penyakit dalam/paru?? Mohon bantuan sarannya dok.. Terimakasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Secara umum penyakit paru dibagi menjadi dua, penyakit paru restriktif dan penyakit paru obstruktif, pada penyakit paru restriktif, paru-paru menjadi lebih sulit dalam mengembang atau pada saat kita menarik nafas, sementara penyakit paru obstruktif paru-paru mengalami kesulitan dalam mengeluarkan gas dari dalamnya. 

Penyebab penyakit paru restriktif antara lain adanya kelainan pada parenkim paru seperti infeksi paru (pneumonia, TB paru), atelektasis, abses paru, edema paru, kelainan pleura, kelaian dinding dada, kelainan bentuk tulang belakang, panyakit myastenia gravis, kelainan diafragma, tumor dan lain sebagainya.

Anda dapat membawa hasil pemeriksaan Anda untuk dikonsultasikan dengan dokter spesialis paru. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang lain yang mungkin dibutuhkan sehingga dokter dapat menentukan diagnosis dan memberikan penanganan yang sesuai dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar