Sukses

Nyeri di Pangkal Lengan

11 Feb 2015, 14:50 WIB
Wanita, 55 tahun.

dok ibu saya 55th minggu kemarin pangkal lenganya sakit dan dipijit. lalu setelahnya rasa sakit di pangkal lenganya bertambah parah, sudah seminggu ini beliau tidak bisa tidur karna rasa sakitnya. obat apa yg tepat untuk beliau dok, terimasi sebelumnya?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda dan Ibu Anda rasakan. Pangkal lengan atau pergelangan tangan tersusun atas komponen otot, tulang, sendi, saraf, dan ligamen (jaringan fibrosa yang menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya). Setiap gangguan yang terjadi pada komponen-komponen tersebut dapat menyebabkan timbulnya keluhan nyeri pada pergelangan tangan. 

Sayang informasi yang kami dapatkan masih sangat terbatas, mengingat perlunya dilakukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisis langsung dan penunjang (sesuai indikasi) untuk memastikan diagnosis penyakit Ibu Anda. Akan tetapi, terdapat beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan keluhan nyeri seperti yang Ibu Anda alami, yaitu:

  1. Radang Sendi (artritis)

  2. Peningkatan kadar asam urat

  3. Sindroma Terowongan Karpal (CTS)

  4. Peradangan dan pembengkakan jaringan yang mengelilingi otot-otot ibu jari akibat penggunaan otot secara berlebihan (tendonitis). Pada keadaan ini nyeri akan lebih terasa saat tangan dikepalkan dengan posisi ibu jari di dalam kepalan.

  5. Regangan hingga robekan pada otot atau ligamen akibat trauma pada pergelangan tangan

  6. dan lain sebagainya

Sebaiknya Ibu Anda mengistirahatkan pergelangan tangan selama beberapa waktu. Adapun nyerinya untuk sementara memang dapat dikurangi dengan obat golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, asetaminofen, asam mefenamat, natrium diklofenak, dsb. Kami sarankan Ibu Anda untuk berkonsultasi kembali ke dokter untuk menjalankan serangkaian pemeriksaan sehingga terapi yang diberikan menjadi lebih optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar