Sukses

Kista Coklat

11 Feb 2015, 13:48 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat pagi dokter. saya Hajjah umur 23 th sudah menikah 10 bln dan belum mempunyai anak. saya mau tanya seputar kandungan, saya divonis mengidap kista coklat +- 2cm dan dokter sudah menganjurkan operasi. yang ingin sya tanyakan apakah kista tsb bisa hilang tanpa operasi?(pola makan sehat+vitamin+herbal). apa yang akan terjadi apabila sya tidak operasi?masihkah bisa hamil? dan pantangan makanan bagi penderita kista coklat. terimakasih atas waktunya :) salam Hajjah

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kista coklat atau yang biasa dikenal dengan kista endometriosis meruapakan kista yang tumbuh pada permukaan ovarium (indung telur). Kista coklat ini menyerang bagian dalam ovarium membentuk kantung yang berisi darah. Kista ini disebut sebagai kista coklat karena terdapat penumpukan darah berwarna merah kecoklatan hingga gelap. Ukuran kista coklat sebesar kacang dan bisa tumbuh lebih besar dari buah anggur.

Sampai saat ini penyebab pastinya belum diketahui pasti, dan tidak ada pola makan tertentu yang dapat mempengaruhi tumbuhnya kista ovarium. Oleh sebab itu, Anda dapat mengonsumsi vitamin E. vitamin E bahkan diyakini dapat membantu mencegah dan mengecilkan kista Anda. Namun memang sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda yang lebih mengetahui kondisi kesehatan Anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar