Sukses

Nyeri Tenggorokan, Mudal Lelah & Mengantuk

11 Feb 2015, 12:36 WIB
Pria, 31 tahun.

dok kenapa ya tenggorokan saya terasa nyeri seperti tersangkut duri dan sering kelelahan dan ngantuk.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah nyeri seperti tersangkut duri, sering kelelahan dan mengantuk. 

Mengatasi radang tenggorokan tidaklah sulit, beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng,mengurangi atau menghindari asap rokok.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur. Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain. Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Faringitis dapat merupakan suatu kondisi yang berdiri sendiri atau merupakan bagian dari gejala penyakit lain. 

Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapatkan terapi yang optimal. 

Perasaan mudah lelah dan mengantuk dapat disebabkan oleh berbagai hal. Untuk mengetahuinya memerlukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung. Namun terdapat beberapa penyebab mudah lelah pada pasien, yaitu: asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter untuk diperiksa lebih jauh. Mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap.
Jika tidak ditemukan kelainan dari pemeriksaan kesehatan maka Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). Keluhan yang lain terkait dengan susah fokus bisa saja berhubungan dengan keluhan cepat lelah. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar