Sukses

Gangguan Kesuburan

12 Feb 2015, 12:29 WIB
Wanita, 29 tahun.

Ass dokter,,, Sya dian,infertil sdh 5th.. Sya inging tny,,apa mknn pedas n asin brpgruh bagi kesuburan?? Krn sya pecinta pedas n asin.. Klo unt cek lab,, cek apanya dok unt tau kshtn rahim. Usg,hsg sdh.. Hslnya baik tdk ada sumbatan. Tp haid sya gk trtr. N trnyta kena pcos. Mhn pencerahanya.. Trimaksh,slm hangat. Wss,,,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami turut bersimpati atas kondisi Anda. Makanan pedas dan asin hingga saat ini tidak dikaitkan dengan masalah kesburan. Gangguan kesuburan Anda kemungkinan besar disebabkan oleh kondisi PCOS Anda. 

Sindroma ovarium polikistik atau Policystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah suatu kelainan indung telur wanita akibat ketidakseimbangan hormon. Berat bada berlebih juga dikaitkan dengan PCOS.

Kondisi ini memang dapat menyebabkan gangguan menstruasi dan kesuburan penderitanya.

Berikut adalah gejala PCOS yang sering dikeluhkan karena adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen) adaah:

  • Gangguan menstruasi (frekuensi menurun atau volume meningkat)

  • Gangguan kesuburan (ketidakmampuan indung telur untuk melepaskan telur setiap bulan)

  • Gangguan proses pematangan telur (ukuran telur kecil)

  • Resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (kadar gula darah tubuh meningkat, yang berakibat pada gangguan metabolisme lemak)

  • Peningkatan berat badan dan jaringan lemak tubuh bagian atas

  • Jerawat

  • Pertumbuhan rambut halus yang berlebihan.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya Dokter akan memberikan terapi hormonal, seperti pil KB atau obat penyubur, disertai atau tidak disertai dengan obat oral anti diabetes untuk menurunkan kadar insulin, yang diharapkan dapat mengembalikan kesuburan penderita. Pilihan terapi lainnya adalah tindakan operasi menggunakan laser / panas untuk menghancurkan jaringan ovarium yang memproduksi hormon  androgen yang disebut dengan Laparoscopic Ovarian Drilling (LOD). 

Pilihan terapi dan lamanya proses kesembuhan sangat bergantung pada kondisi tiap individu. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar tata laksana terbaik dari kondisi yang ada dapat segera dilaksanakan.

Kami sertakan artikel yang dapat Anda baca : 

Mengatasi Infertilitas (Masalah Kesuburan) (12 February 2015)

Semoga penjelasan ini bermanfaat dan semoga Anda lekas sembuh. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar