Sukses

Infeksi Pernafasan

12 Feb 2015, 13:00 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok,mau tanya.... Selama 5 hari tu demam, diselangi batuk dan sakit tenggorokan. Habis itu sudah ada 2 kali aku BAB ada darahnya sedikit. Kemaren pas cek darah leukosit ku tinggi sekitar 12.6 rb. Apakah ini gejala Leukimia dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Dari cerita yang anda ceritakan sepertinya anda menderita radang tenggorokan dan hidung, umumnya disebut ISPA. ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang meliputi saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Yang dimaksud saluran pernapasan adalah organ mulai dari hidung sampai gelembung paru, beserta organ-organ di sekitarnya seperti hidung, tenggorokan, ruang telinga tengah dan selaput paru. Leukosit (sel darah merah) yang meningkat kemungkinan disebabkan oleh karena adanya infeksi bakteri. Apabila terkena leukimia biasanya sel darah putih akan meningkat sekali hingga puluhan ribu dan biasanya ditemukan kelainan di sel darah putih yang dinamakan blas, serta ada kelainan juga di sel darah lainnya. 

Penyakit ISPA dibagi dalam dua golongan, yaitu pneumonia (radang paru) dan yang bukan pneumonia seperti batuk pilek. Penyebabnya, virus, seperti Rotavirus, virus Influenza, bakteri Streptococcus pneumoniae dan bakteri Staphylococcus aureus. Pasien dapat memiliki manifestasi klinis seperti: demam, batuk, sesak nafas, berat badan menurun, myalgia atau nyeri otot, dsb. 

Selain infeksi virus atau bakteri, batuk pilek juga bisa disebabkan oleh alergi. Jika memang alergi pemicunya, hindari pencetus alergi. dalam kasus Anda adalah debu. Gunakan masker jika memang harus keluar rumah. Anda juga dapat menggunakan obat antihistamin (loratadin, ctm, cetirizine). Beristirahatlah yang cukup, banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng, mengurangi atau menghentikan merokok.

Kami anjurkan agar Anda melakukan konsultasi ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan diberi obat. 

Berikut beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar