Sukses

Mencerahkan Kulit dan Mengecilkan Perut

11 Feb 2015, 18:28 WIB
Pria, 25 tahun.

dok...bagaimana caranya memutihkan kulit secara alami? terus cara mengecilkan perut? trims

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Setiap orang terlahir dengan jenis kulit dan warna kulit yang berbeda. Genetik tentunya memiliki peran yang cukup besar dalam hal ini. Beberapa orang terlahir dengan warna kulit putih, kuning langsat, sawo matang hingga hitam. Semuanya ditentukan oleh sebuah sel yang disebut sebagai melanin. Faktor lain yang berperan adalah kekuatan paparan sinar matahari yang berbanding lurus dengan warna kulit penduduk (semakin kuat, semakin gelap warna kulitnya). Warna kulit yang sejatinya secara genetik tidak terlalu gelap pun dapat berubah karena paparan sinar matahari.

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis tidak disarankan untuk melakukan pemutihan badan dengan cara menghambat aktivitas melanin, karena sebenarnya melanin mempunyai kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Hal yang diperkenankan hanyalan menghindari kulit kusam, sehingga kulit terlihat sehat dan cerah.

Anda dapat "memaksimalkan" tampilan warna kulit Anda dengan melakukan perawatan secara rutin, sebagai berikut :

  1. Mandi dan bersihkan wajah dengan cairan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit, terutama setelah beraktivitas dan sebelum tidur
  2. Gunakan serum atau pelembab yang mengandung vitamin C di pagi hari
  3. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setelah menggunakan serum atau pelembab, dan ulangi penggunaan setiap 2 jam
  4. Gunakan krim malam yang dapat mencerahkan kulit seperti hidrokuinon, retinoic acid, kojic acid, dan zat lain sejenis
  5. Minum air putih setidaknya 1,5 liter per hari
  6. Perhatikan keseimbangan nutrisi harian.

Berikut kami sertakan artikel mengenai kulit sehat yang dapat Anda baca:

Mengenai pertanyaan kedua, untuk mengencangkan dan mengecilkan daerah perut, cara terbaik adalah dengan melakukan olah raga. Olah raga sebaiknya dilakukan bertahap. Hal ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada otot tubuh anda untuk beradaptasi terlebih dahulu. Olahraga dapat dimulai dengan melakukan olahraga aerobik, seperti jogging, bersepeda, dan lainnya, yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan otot terlebih dahulu. Untuk latihan ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, misal otot perut, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Untuk target utama otot perut, Anda dapat melakukan latihan crunch (sit up) atau plank exercise. Namun jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri. Diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda. 

Anda juga perlu mengatur asupan kalori dan mengatur waktu beristirahat. Diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dengan protein. Perbanyak buah dan sayur, kurangi jenis karbohidrat simpleks seperti nasi putih, dan roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks. Batasi makanan gorengan dan perbanyak makanan rebus, kukus, atau panggang. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran. Jangan makan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dll. Sebaiknya setelah pukul 18.00, Anda tidak lagi mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi. Perbanyak minum air putih (1.5 - 2 Liter per hari). Dan saran yang terakhir adalah berolahragalah terutama aerobik secara teratur (3x/minggu) apabila ingin mendapatkan hasil optimal. 

Jika Anda melakukan latihan fisik di pusat kebugaran, konsultasikan setiap gerakan dengan pelatih di tempat tersebut agar Anda dapat mengetahui gerakan yang benar serta terhindar dari cedera.

Berikut artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda: 4 Cara Mengecilkan Perut yang Cepat
 
Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar