Sukses

Kandungan Gizi Bekicot

10 Jun 2015, 21:15 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok makan bekecot (keong) apa ada dampak negatifnya? katanya bekecot mngndung bnyk protein

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Bekicot sudah lama dijadikan sebagai bahan makanan sumber protein, terutama di negara-negara Eropa seperti Prancis, Jerman atau Italy. Bekicot ini terkenal sebagai escargot.

Tak hanya di Eropa, di Asia pun, Bekicot perlahan mulai dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya gizi, misalnya di Jepang dan di beberapa daerah di Indonesia seperti Tuban dan Kediri di Jawa Timur.

Daging Bekicot kaya akan kandungan protein dan asam amino yang tinggi. Kandungan protein dalam setiap 100 gramnya mencapai 12 gram. Selain itu, Bekicot juga mengandung vitamin B kompleks.

Selain mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, Bekicot juga mengandung asam amino esensial lengkap yang meliputi isoleusin, leusin, lisin, metionin, sistin, fenilalanin, tirosin, treonin, dan valin.

Bahkan asam animo non esensial pun terkandung dalam tubuh bekicot seperti arginin, histidin, alanin, asam aspartat, asam glutamate, glisin, prolin, dan serin.

Asam amino merupakan bagian dari protein yang sangat berperan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh (proses penyembuhan luka). Dan ternyata, kandungan asam amino dalam daging Bekicot diketahui lebih tinggi daripada kandungan asam amino dalam protein sebutir telur.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    1 Komentar