Sukses

Bayi Demam Saat Malam Hari

05 Oct 2015, 22:36 WIB
Wanita, 45 tahun.

dok, anak saya umur 10 bulan BB 8 kg, sering panas terutama selepas jam 12 malam dan keesokan harinya normal kembali? apakah sakit BRPN pd anak saya yg bisa menimbulkan panas? pada usianya wajarkah belum tumbuh gigi dan belum mau mau duduk sendiri ( lebih suka tetah) terimakasih. bunda ahza

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Demam pada anak disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kekurangan cairan (dehidrasi), kurang istirahat atau metabolisme tubuh menjadi meningkat, dan infeksi. Pada anak karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, seringkali terkena infeksi dan mengalami demam. Infeksi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti viral, bacterial, dan lainnya.

Pada infeksi viral, diharapkan tubuh dapat menghasilkan antibodi tertentu sesuai dengan infeksinya dan sembuh sendiri. Beberapa infeksi yang sering di Indonesia adalah Demam berdarah dan Demam thypoid, dimana kedua penyakit ini baru bermanifestasi setelah beberapa hari. Pada kasus anak ibu, karena demam yang diderita baru satu hari maka yang perlu diperhatikan adalah asupan cairan anak dan menurunkan demam anak.

Mengatasi demam dapat dengan cara :

  • istirahatkan anak
  • berikan anak minum yg banyak
  • kompres dahi, leher, dada, ketiak anak dengan air hangat  untuk menurunkan demam
  • pakaikan anak baju yang tipis
  • berikan obat penurun demam (parasetamol) 6x/hari sesuai dosis untuk membantu menurunkan demam (suhu > 37,5 derajat C)

Yang perlu diwaspadai apabila terjadi demam pada anak adalah kemungkinan timbulnya kejang. Kejang Demam dapat terjadi pada mereka yang memiliki genetik atau keturunan kejang ketika kecil dan suhu  demam yang terlampau tinggi. Hal ini dapat dicegah dengan hal-hal yang kami sebutkan di atas. Namun karena demam yang terjadi pada anak anda telah melebihi 3 hari, maka kami anjurkan anda untuk mengunjungi dokter spesialis anak untuk mencari penyebanya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar