Sukses

Bau Mulut dan Bibir Pecah-Pecah

11 Feb 2015, 12:25 WIB
Wanita, 26 tahun.

As..wr...wb.. dok sya ingin brtanya knp sya sllu tdk mrasa nyaman dgn bau mulut sya yg brlebihan dn bibir sya mengering dan pecah2 tiap hri, dan bhkn gusi sya trkadang brwarna merah kehitaman srta klu sya bgun pgi llu mludah itu warna ludah sya merah sprti halnya darah..ini sprtinya sya trkena penyakit apa ya dok dan bagaimna cranya utk mngatasi hal ini.??trimaksih dn mhon jwabnyya ya dok!!

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Penyebab bau mulut dapat terkait dengan kebersihan dan kesehatang rongga mulut serta gigi atau dapat juga terkait dengan penyakit sistemik tertentu. Pada kondisi yang Anda alami ini dimana terdapat beberapa kelauhan yaitu bau mulut, bibir pecah-pecah dan kering serta air liur yang yang bercampur darah ini tidak dapat Saya pastikan penyebab dan keterkaitannya tanpa pemeriksaan secara langsung. Hal yang dapat Saya sarankan adalah sebaiknya Anda periksakan ke dokter gigi apakah keadaan bau mulut dan air liur yang seperti bercampur darah ini terkait dengan kesehatan gigi Anda seperti gigi berlubang, karang gigi dan peradangan gusi. 

Penyebab dari bibir kering adalah lapisan minyak dari bibir yang hilang, yang mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti: paling sering oleh udara dingin (dalam kondisi anda mungkin kulit bibir anda sensitif jadi mudah kering bila terkena AC), terutama pada udara yang kering, kebiasaan menjilat bibir, atau penggunaan produk wajah yang membuat kulit kering.

Bila Anda mempunyai kebiasaan menjilat bibir, coba hindari menjilat bibir Anda dahulu saat ini, gunakan pelembab khusus untuk bibir, dan konsumsi air putih yang lebih banyak. Penggunaan obat yang tidak tepat selain sia-sia juga dapat memperparah iritasi pada kulit Anda. Jangan menggaruk ataupun sengaja membuat kulit mengelupas karena dapat memperparah dan membuat luka semakin lama sembuh.

Untuk informasi tambahan Anda kami sertakan artikel

6 Solusi Bibir Pecah-Pecah

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar