Sukses

Mengatasi Mimisan

05 Oct 2015, 22:44 WIB
Pria, 22 tahun.

Dokter, adik saya sedang dirawat dengan diagnosa dbd. Trombosit terakhir 15.000 hari ke 6. Tadi mimisan, dan sudah 2 jam tidak berhenti mimisannya. Bagaimana penanganan yang tepat untuk mengatasi mimisan ini. Karena di ruang perawatan hanya disuruh kompres es saja, tidak boleh ditekan dan posisi tidur terlentang. Mohon infonya dokter. Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Tindakan yang paling baik bila anda mimisan adalah duduk, menundukkan kepala tetapi usahakan kepala tetap diatas jantung, yang akan mengurangi perdarahan. Menundukkan kepala dapat mengurangi perdarahan dan menghindari darah masuk ke dalam kerongkongan.

Beberapa laporan dari jurnal menyebutkan anda dapat mengurangi perdarahan pada mimisan dengan cara menggunakan jempol dan jari telunjuk untuk menekan jaringan lunak pada hidung selama 5-10 menit. Kompres dingin pada pangkal hidung juga dapat mengurangi perdarahan.

Apabila masih mengalami perdarahan lebih dari 20 menit, atau akibat dari benturan pada kepala, segera konsultasikan ke dokter anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar