Sukses

Infeksi Indung Telur

12 Mar 2015, 02:22 WIB
Wanita, 35 tahun.

Dokter sy baru saja operasi ektopic di sebelah kiri. Dan dokter yg menangani operasi saya bilang di sebelah kanan saluran indung telur pun ada infeksi. Yg ingin sy tanyakan masih mgkn kah saya hamil normal lg dgn keadaan i indung telur yg sudah rusak pula? Mohon bantuan dan saran... Trimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Infeksi pada saluran indung telur dapat memicu perlengketan dan sumbatan pada area tersebut. Infeksi dapat terjadi akibat Infeksi Menular Seksual (IMS) yang menyebabkan Penyakit Radang Panggul, karena riwayat operasi sebelumnya, penyakit sistemik seperti TBC, hingga perlekatan yang diakibatkan endometriosis dan kanker di sekitar tuba. Terapi yang dilakukan untuk perlekatan sekitar saluran dan indung telur biasanya dengan tindakan operatif (laparoskopi).

 

Selanjutnya, indung telur menghasilkan sel telur berganti-gantian. Jadi dengan 1 indung telur yang masih aktif dan sehat, Anda tetap dapat hamil. Untuk penanganan lebih tepat, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda yang telah mengetahui riwayat medis Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar