Sukses

Fraktur linier os calvaria

05 Oct 2015, 19:34 WIB
Wanita, 0 tahun.

anak saya usai 4 bln baru jatuh dr tempat tidur, +- 50cm, kepala sebelah kiri atas ada benjolan berisi cairan (entah darah atau cairan lainnya), anak saya tidak mengalami muntah , kejang, pingsan ataupun gejala negatif lainnnya ,hanya menangis wajar krn kesakitan. Setelah ke RS dan dilakukan rontgen, hasilnya sbb: 1.tampak garis linier di os calvaria regio pariental kiri 2.Trabeculasi tulang diluar lesi tampak normal 3.Tak tampak tanda-tanda peningkatan intracranial 4.Tak tampak soft tissue swelling Kesan : Susp Fraktur linier os calvaria regio pariental kiri. Saya dianjurkan melakukan observasi 42 jam setelah kejadian, yang diperhatikan adalah apakah anak mengalami muntah,kejang, atau dampak negatif signifikan lainnya. Pada saat saya membuat tulisan ini,kejadian sudah berlangsung 22 jam yg lalu, dan belum adanya tanda-tanda seperti diatas. saya sudah mendatangi 2 dokter untuk optional opini , Dokter pertama mengajurkan CT-Scan dgn pembiusan terlebih dahulu. Dokter kedua mengatakan tidak diperlukan CT-Scan mengingat tidak adanya tanda-tanda negatif dan hanya ada retakan (beliau mengatakan retakan ini dapat sembuh sendiri). Bagaimana pendapat dokter, menganai kasus saya ini, trimakasih sebesar-besarnya atas kesediaan untuk menjawab pertanyaan saya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Struktur dalam kepala manusia dilindungi oleh tulang tengkorak yang keras. Adanya fraktur linear pada tulang tengkorak, apabila tidak disertai dengan tanda-tanda kerusakan pada struktur didalamnya, maka memang tidak diperlukan penanganan khusus karena patahan tulang umumnya dapat menyatu kembali dengan sendirinya, dan akan lebih cepat pada usia anak dalam masa pertumbuhan.

Adanya saran untuk melakukan pemeriksaan CT-Scan adalah untuk melihat gambaran kondisi otak san struktur sekitarnya yang tidak terlihat pada pemeriksaan Rontgen Kepala. Namun ini bukanlah pemeriksaan wajib. Biasanya CT-scan kepala dilakukan apabila terdapat kecurigaan adanya kerusakan pada otak.

Saat ini akan lebih baik bila anda mengikuti saran dokter yang telah melakukan pemeriksaan terhadap Anak anda. Bila dalam 48 jam tidak ditemukan adanya tanda-tanda peningkatan tekanan dalam kepala, maka kemungkinan kerusakan yang terjadi terbatas pada tulang kepala anak. Namun, bila anda masih ragu atau khawatir anda bisa meminta dokter untuk melanjutkan pemeriksaan CT-scan kepala tersebut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar