Sukses

Nyeri Dada Kanan dan Ulu Hati

05 Oct 2015, 19:40 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat malam dok sya mau tanya. Kmrn kan sya angkat yg berat terus bsk paginya dada bagiam kanan saya tiba" sakit sama sekitar tulang sya. Susah banget waktu bangunnya dan sekarang ulu hati sya jg ikut sakit. Nah yg dada bagian kanan dan uluh hato sya itj kadang" sakit,itu kira" knpa ya dok? Atau krna pengaruh maag sya dan angkat berat? Makasih sebelumnya dok.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Nyeri dada kanan dapat disebabkan oleh gangguan pada kulit, otot, tulang, saraf, organ didalamnya, atau merupakan nyeri alih. Dibutuhkan serangkaian pemeriksaan untuk memastikannya. Namun, bila nyeri tersebut benar anda rasakan setelah melakukan aktivitas menggangkat beban berat, maka kemungkinan terdapat masalah pada otot anda akibat beban kerja yang berlebihan. Anda dapat menggunakan krim pelega otot pada area tersebut, atau mengkonsumsi obat Anti nyeri. Bila keluhan tidak juga berkurang setelah tiga hari, maka lanjutkan pemeriksaan kepada dokter terdekat.

Sedangkan untuk keluhan nyeri diulu hati memang umumnya disebabkan oleh peningkatan asam lambung. Apakah anda memiliki riwayat penyakit maag sebelumnya?

Bila benar anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar